You are here
Budaya News 

Karaton Kasultanan Pajang akan gelar Haul Joko Tingkir ke- 438

SOLO (LN) – Karaton Kasultanan Pajang akan menggelar haul Joko Tingkir yang ke-438 yang akan dilaksanakan pada 9 februari 2020 melalui penasehat Karaton Kasultanan Pajang kami sudah mohon restu pada ketua PB NU said Agil Siraj,” kata Andi Budi Sulistijanto, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Sumber Daya NU (Lakpesdam NU), di Karaton Kasultanan Pajang, Sukoharjo, Sabtu (8/2).

Haul akan dihadiri oleh masyarakat sekitar Karaton Pajang, santri dari beberapa pondok pesantren, pejabat setempat dan keluarga besar Karaton Pajang.

Menurut Andi dari pada tujuan haul tersebut adalah suatu simbol kebudayaan yang patut di lestarikan.

“haul ini akan menjadi agenda tahunan yang harus dilestarikan, saya melihat eksistensi Karaton Pajang ini sudah diakui oleh Negara dan Kemenkuham juga sudah mengeluarkan SK,”ungkapnya.

Menurut Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV, mengungkapkan memiliki kesamaan tujuan dengan NU.

“Kegiatan tahunan yang ada di Karaton Pajang bersama NU sudah sejalan yaitu untuk melestarikan budaya keagamaan serta menjadi benteng dan kokohnya NKRI,” tegasnya.

Haul akan dimulai dari jam 8 pagi sebagai acara utama berupa sholawatan bersama anak Ponpes Ad-Dhuha. Dilanjutkan ziarah ke Makam Joko Tingkir di desa Butoh, Plupuh, Sragen

Related posts

Leave a Comment